3.1.13

FOTO JOKOWI SIDAK TERMINAL SENEN Siap Merubah Terminal Jakarta Menjadi Airport [YOUTUBE]

FOTO JOKOWI SIDAK TERMINAL SENENSiap Merubah Terminal Jakarta Menjadi Airport [VIDEO]FOTO JOKOWI SIDAK TERMINAL SENEN Siap Merubah Terminal Jakarta Menjadi Airport [YOUTUBE]Menjelang sore, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke Terminal Senen, Jakarta Pusat. Jokowi ingin membangun semua terminal di Ibukota bagaikan airport. Sebelumnya Jokowi sudah melakukan kunjungan sidak terminal kampung Melayu

Jokowi yang terbalut kemeja warna putih dan celana panjang hitam itu menggunakan mobil Kijang Innova warna hitam B 1120 RFR menyambangi Terminal Senen, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2013). Ia tiba pukul 15.00 WIB.

Jokowi langsung masuk ke dalam terminal. Ia melihat kondisi mobil Kopami warna biru jurusan Grogol-Kalideres B 7040 NP.Kondisi bus bertarif 2.000 itu memprihatinkan.

Jokowi mengecek pelat nomor bus lalu naik ke dalam bus yang sedang ngetem tersebut. Ia melihat-lihat kondisi di dalam bus yang kotor itu. Suami Iriana itu kemudian memeriksa identitas sopir dan seragam.

Sopir bus yang mengenakan seragam warna biru muda memperlihatkan kartu identitas kepada Jokowi.

Setelah mengecek, Jokowi langsung dikerubungi warga yang meminta bersalaman dan berfoto bersama.

Jokowi selanjutnya mengecek angkot 01 jurusan Senen-Kampung Melayu. Ia naik dan duduk di dalam angkot warna biru muda itu. Angkot juga kosong antre menunggu penumpang.

Kemudian, Jokowi memeriksa Metromini 03 jurusan Senen-Rawamangun.Jokowi mengecek seragam dan tanda pengenal sang sopir.

Jokowi mengatakan seluruh terminal di Jakarta akan dibenahi pada tahun 2014.

"Ya tahun depan kita bangun total semua terminal. Kita mau fokus saja, jangan satu-satu. Ya terminal terpadu modern kira-kira seperti itulah. Ya dirapiin biar kayak airport," kata Jokowi.

Jokowi Perintahkan Dishub DKI Rajin Razia Sopir Tembak

 Perilaku sopir-sopir tembak angkutan umum membuat resah penumpang. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Dishub DKI Jakarta rutin menggelar inspeksi mendadak (sidak) menertibkan sopir tembak.

"Saya memang perintahkan untuk ada kejadian-kejadian seperti ini dan harus sering ditegaskan," kata Jokowi usai meninjau Terminal Senen, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2013).

Menurut dia, diperlukan cara untuk mengubah budaya sopir tembak. Dengan razia diharapkan sopir tembak dapat ditertibkan dan memberikan rasa aman bagi penumpang angkutan umum.

Sanksinya apa? "Sanksinya langsung ditilang, masuk kandang. Kemudian ada stimulan agar pemilik mau berganti bus yang baru. Entah pola hibah atau ngumpul di sebuah koperasi," jawab Jokowi.

Jokowi mengatakan diperlukan penataan ulang trayek. Ia berencana membeli 1.000 bus sedang agar dapat dijadikan stimulan bagi perusahaan badan hukum atau koperasi untuk memperbarui bisnisnya.

"Januari 40 bus sedang, Kopaja sedang, baru. Nanti akan lewat jalur Bus TransJ. Mungkin Maret tambah lagi 60 (bus). Kalau tambah 1.000 lagi ada stimulan sehingga bus-bus yang jelek ini harus ganti, harus diganti," kata Jokowi yang terbalut kemeja warna putih itu.

Selain itu, lanjut Jokowi, semua bus harus punya pool sehingga mudah membina dan mengidentifikasi.

"Angkot juga semua ditata ulang. Trayek itu tidak hanya busway, Kopaja, Metromini supaya semua dapat manfaat bus baru, Kopaja, Metromini baru nanti semua pertengahan Januari dicoba nanti di koridor I (Blok M-Kota)," kata Jokowi.





0 comments:

Post a Comment