CURAH HUJAN JABODETABEK TINGGI Prediksi Banjir Hingga 18 Januari 2013

RAMALAN CURAH HUJAN JABODETABEK TINGGI Prediksi Banjir Hingga 18 Januari 2013CURAH HUJAN JABODETABEK TINGGI Prediksi Banjir Hingga 18 Januari 2013. Curah hujan di Jabodetabek masih akan tinggi hingga 3 hari ke depan. Warga di kawasan Jabodetabek, utamanya Jakarta, masih harus waspada untuk banjir hingga 18 Januari 2013.

"Curah hujan tinggi tadi malam di Jabodetabek mengakibatkan terjadinya genangan di beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya. BNPB mengumumkan bahwa bendung Katulampa sudah siaga satu.

Wilayah hilir (Jakarta) akan mendapat kiriman air nanti sore jam 18.00-19.00 WIB yang mengakibatkan banjir yang lebih besar dibanding beberapa kejadian banjir sejak Desember 2012," ujar Peneliti Meteorologi Tropis dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr Tri Handoko Seto.

Hal itu disampaikan Tri dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (15/1/2013).
Lalu apakah hanya itu air yang akan menggenangi Jakarta dan sekitarnya?

"Sepertinya tidak. Curah hujan harian rata-rata wilayah di Jabodetabek hingga tanggal 18 Januari diperkirakan masih akan tinggi, sebesar 30-40 mm per hari. Bandingkan dengan curah hujan bulanan untuk Januari dan Februari yang berkisar 300-400 mm per bulan," jelas dia.

Dalam kondisi tanah yang sudah jenuh seperti saat ini, imbuh Tri, maka hujan yang turun ke permukaan tanah akan dengan segera dan dengan porsi yang besar menjadi aliran yang berkontribusi menambah genangan.

"Oleh karena itu, kewaspadaan perlu ditingkatkan baik oleh masyarakat maupun instansi pemerintah. Peringatan dini banjir harus terus dimutakhirkan dan disampaikan ke masyarakat dengan bantuan media baik cetak maupun elektronik bahkan media sosial yang relatif cepat dan selalu termutakhirkan," terang dia.

Tri melampirkan prediksi salah satu model yang memprediksi curah hujan per tiga jam di Jabodetabek dalam seminggu ke depan, seperti dilihat dalam gambar di atas.

0 Response to "CURAH HUJAN JABODETABEK TINGGI Prediksi Banjir Hingga 18 Januari 2013"

Post a Comment